Ini 5 Keistimewaan Menjadi Perempuan dalam Islam. Kita Wajib Bangga!

Assalamualaikum, Sisterfillah.

Wanita memiliki kedudukan yang tinggi dalam Islam. Allah Swt sangat menjaga harkat dan martabat seorang wanita sholihah. Hal ini terbukti dengan banyaknya hadis yang menjelaskan tentang keistimewaan menjadi perempuan.

Tahukah, Sisterfillah? Seorang perempuan, ketika kanak-kanak menjadi ladang pahala bagi orang tuanya. Setelah menikah, ia menjadi pelindung suaminya dari api neraka. Ketika menjadi ibu, diletakkan surga di bawah telapak kakinya.

Ada banyak sekali keistimewaan seorang perempuan dalam Islam.

Ini 5 Keistimewaan Perempuan dalam Islam

1. Jalan Masuk Surga

Abdullah bin Abbas mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Siapa yang memiliki anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup-hidup, tidak menghinanya, dan tidak lebih mengutamakan anak laki-laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga,” (HR. Abu Daud).

Bahkan Allah saja menjamin surga bagi orang tua yang memiliki anak perempuan dan memperlakukannya dengan baik serta tidak membedakan kasih sayang yang diberikan pada anak laki-laki.

2. Pelindung di Hari Kiamat

Uqmah ibn Aamir dalam salah satu riwayatnya mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa pun yang memiliki tiga anak perempuan dan sabar terhadap mereka, dan memberi mereka makan, memberi mereka minum, dan busana dari hasil usahanya, maka mereka akan menjadi pelindungnya di hari kiamat.” (HR. Ibnu Majah)

Anak perempuan yang dididik dengan kasih sayang hingga mampu menjadi anak sholihah yang taat agama,menjaga pandangan, menutup aurat, dan berbakti menunjukkan keberhasilan orang tua dalam mendidik anak tersebut. Kelak, anak sholihah ini akan menjadi pelindung orang tuanya dari siksaan api neraka.

3. Penolong bagi Suaminya

Setelah menikah, perempuan tetap memiliki keistimewaan tersendiri.

Apabila ia salat lima waktu, puasa di bulan Ramadan, memelihara kehormatannya, serta taat pada suaminya, ia bisa memilih masuk surga dari pintu mana saja yang dia kehendaki.

4. Pahala Ketika Mengandung dan Melahirkan

Ketika seorang perempuan mengandung janin dalam rahimnya, para malaikat beristighfar, memohon ampunan untuknya. Allah SWT mencatat baginya setiap hari 1.000 kebaikan untuknya dan menghapuskan 1.000 kejahatan darinya.
Di saat ia merasakan kesakitan waktu melahirkan, Allah SWT mencatatnya sebagai pahala orang yang berjihad dijalan-Nya.

Keistimewaan lain yang diberikan oleh Allah pada seorang perempuan adalah ia dapat menyusui anak-anaknya. Ia pun akan mendapat pahala kebaikan luar biasa banyak dari air susu yang diberikan pada bayinya.

5. Surga di Telapak Kaki Ibu

Satu lagi keistimewaan perempuan, Allah SWT letakkan surga di bawah kakinya.

Dalam sebuah hadits yang oleh Musa bin Muhammad bin ‘Atha’, Abu Al-Malih, Maimunah, dari Ibnu ‘Abbas r.a., ia berkata Rasulullah SAW bersabda:

“Surga berada di bawah telapak kaki para ibu, barang siapa yang mereka kehendaki, maka mereka akan memasukkannya, dan siapa yang mereka kehendaki, maka mereka akan mengeluarkannya.”

Sebuah perumpamaan indah yang ditujukan kepada seorang wanita supaya anak-anak mampu menghormatinya sebagai seorang ibu.

Dalam riwayat hadits lain disebutkan, seorang sahabat Rasulullah SAW, Mu’awiyah bin Jahimah pernah datang dan meminta izin untuk ikut berjihad. Rasulullah bertanya padanya, apakah ia masih memiliki ibu? Mu’awiyah menjawab, masih. Rasulullah memintanya pulang dan berbakti pada ibunya saja. Bahkan Rasulullah menegaskan, di bawah telapak kaki ibunya ada surga.

Begitu istimewanya seorang perempuan dalam Islam, sampai Allah mengabadikannya dalam satu surat dalam Al-Qur’an, yaitu Surat An-Nisa.

Siterfillah, kita patut bersyukur dan bangga menjadi seorang perempuan,  dengan segala kekurangan dan kelebihan kita. Karena kita adalah istimewa.

Wallahu a’lam bishowab.

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like
Read More

Ketika Hijab Sekedar Tren

Sejak kemunculan Oki Setiana Dewi pada film Ketika Cinta Bertasbih di tahun 2009, fenomena hijab semakin booming. Peluang…
Muslimah Anti Mager
Read More

Tips Muslimah Anti Mager

Mager? Cek Disini Untuk Cara Mengatasi Mager “Aduh, mager banget deh. Rasanya nggak pengen ngapa-ngapain.” Mungkin Sisterfillah sudah…