Sudah Tersenyum Hari Ini? Yuk, Ketahui 7 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan Fisik dan Spiritual

manfaat senyum

Assalamualaikum, Sisterfillah

Islam adalah agama yang komprehensif, semua hal sudah ada aturannya. Dari hal yang ringan semisal adab tidur, sampai hal berat seperti bernegara. Semua telah dicontohkan oleh teladan umat sedunia, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam.

Tersenyum dan berwajah ceria di hadapan saudara atau teman adalah salah satu akhlakul karimah yang telah diajarkan oleh Baginda Rasul. Tahukah Sisterfillah jika Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam telah memberi contoh semua hal dalam kegiatan sehari-hari.

Tugas utama Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam diutus Allah swt adalah untuk memperbaiki akhlak umatnya dari sikap jahiliyah pada masanya.

“Sesungguhnya, aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemulian akhlak”

(HR. Al Baihaqi dari Abu Hurairah)

Semua hal yang telah diatur dan dicontohkan Baginda Rasul, pasti memiliki manfaat. Termasuk hal ringan seperti tersenyum. Apa sih manfaat tersenyum itu? Besarkah manfaatnya bagi kehidupan kita? Yuk kita cari tahu selengkapnya.

 7 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan Fisik dan Spiritual

1. Tersenyum berarti bersedekah

“Senyum manismu dihadapan saudaramu adalah shadaqah” (HR. Tirmidzi)

Sedekah tidak harus selalu dalam bentuk materi, tersenyum tulus juga telah dianggap bersedekah. Tapi ingat ya, senyum yang tulus. Yang keluar dari hati tanpa harus diperintah.

2. Salah satu dari refleksi keimanan

Tentu Sisterfillah tahu dan hapal rukun iman, kan? Salah satu rukun iman adalah beriman pada Rasul dan Nabi Allah. Beriman artinya meyakini dengan hati, mengucapkan dengan lisan, dan melakukan dengan perbuatan.

Dengan tersenyum, kita telah meneladani sikap Baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, sebagai bentuk keimanan kita padanya.

3. Menghangatkan suasana

Sisterfillah pasti bisa membayangkan, bagaimana jika kita terlibat pembicaraan dengan seseorang tanpa ekspresi dan senyum. Pasti kaku dan membosankan, istilahnya dingin. Dengan tersenyum, kekakuan komunikasi akan pecah, keakraban akan terjalin. Tahukah Anda, jika ternyata Rasulullah adalah terkenal sebagai sosok yang murah senyum?

Seperti dalam Hadits berikut ini:

Jarir bin Abdullah Radhiyallahu ‘Anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah memandangku kecuali dalam keadaan tersenyum“.

4. Membuat bahagia

Dengan tersenyum kita telah membuat bahagia diri sendiri dan orang lain. Saat kita tersenyum, wajah akan tampak lebih ceria. Hormon dopamin meningkat saat kita tersenyum, sehingga mampu memberikan energi positif pada diri dan orang sekitar.

Ada juga yang mengatakan murah senyum murah rezeki. Mungkin Sisterfillah bisa membaca artikel 3 amalan penarik rezeki sederhana ini agar selalu tersenyum dalam menggapai rezeki.

5. Menurunkan hipertensi

Saat tersenyum, kita melepaskan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit. Ketika tersenyum, akan terjadi relaksasi otot wajah, yang dapat memperbaiki mood dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan, kini ada terapi tersenyum 1 menit untuk menurunkan tensi.

Jika Sisterfillah penderita tekanan darah tinggi, ada baiknya mencoba terapi tersenyum ini.

Jangan lupa untuk mengetahui juga 7 Hikmah Dibalik Rasa Sakit yang Allah Berikan agar kita tetap bisa tersenyum meskipun sedang mendapati ujian kesehatan.

6. Awet muda

Orang yang sering tersenyum otot wajahnya mengalami relaksasi. Istilah yang terkenal terkait hal ini adalah senam wajah. Senyuman yang ikhlas membuat wajah berseri-seri dan awet muda. Kebalikannya, marah, dipercaya bisa membuat kerutan di sekitar mata semakin cepat terbentuk. Jika ini terus terjadi berulang setiap hari,  bisa jadi Anda akan terlihat lebih tua dari usia seharusnya.

7. Memelihara kesehatan mental

Senyuman mampu menetralkan suasana hati dan menghalau berbagai macam emosi negatif. Emosi negatif memberikan efek tidak baik bagi kesehatan mental.  Sebaliknya, tersenyum mampu memberikan emosi positif.

Yang perlu diperhatikan adalah, jangan sampai Sisterfillah tersenyum terus menerus tanpa lihat situasi, apalagi senyam senyum sendiri. Hehehe…

Dengan begini, kesehatan mental akan tetap terjaga.

Nah, dahsyat kan manfaat sebuah senyuman ini ? Ternyata, tindakan kecil dengan membentuk lengkung pelangi terbalik pada bibir, mampu memberikan manfaat yang begitu banyak dan sangat penting dalam kehidupan.

Sudah tersenyum hari ini, Sisterfillah?

Tersenyumlah sebelum senyum itu dilarang 🙂

3 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More

Ketika Hijab Sekedar Tren

Sejak kemunculan Oki Setiana Dewi pada film Ketika Cinta Bertasbih di tahun 2009, fenomena hijab semakin booming. Peluang…