5 Tips Mempersiapkan Masakan Mudah dan Enak Saat Ramadan Agar Tetap Dapat Beribadah

Assalamualaikum Sisterfillah

Bagaimana puasa hari ini? Apa menu buka puasa dan sahur nanti?

Wah, bulan Ramadan memang bulan yang disibukkan dengan banyak kegiatan kebaikan.

Masya Allah. Tentunya Sisterfillah harus semakin pintar membagi waktu selama bulan Ramadan, agar ibadah tetap bisa maksimal.

Mempersiapkan makanan untuk berbuka, takjil dan sahur menjadi salah satu agenda wajib yang cukup menyita waktu. Jika tidak pandai merencanakan, bisa-bisa waktu dan energi kita habis di dapur saja. Kecuali kalau kita memang memiliki usaha di bidang kuliner.

Jika tak mau repot, Sisterfillah bisa saja membeli aneka makanan di luar. Karena saat Ramadan seperti ini banyak sekali di sekitar kita yang menjajakan makanan.

Tapi kalau beli terus, rasanya selain boros juga pasti akan membosankan. Iya kan ?

Apalagi jika  Sisterfillah sudah berkeluarga, tentunya kegiatan memasak dan menyiapkan makanan ini menjadi hal penting. Namun tahukah Sisterfillah jika memasak dan menyiapkan makanan untuk suami dan keluarga adalah padang pahala bagi seorang istri.

Siapa yang tak mau mendapatkan pahala, apalagi di bulan yang penuh berkah ini.

Ini 5 Keutamaan Makan Sahur di  Bulan Ramadan Yang Harus Diketahui

bukber

Memang kegiatan memasak cukup menghabiskan waktu. Bayangkan saja, dimulai dari belanja bahan baku, menyiapkan peralatan dapur, mengolah makanan, membereskan dan mencuci peralatan dapur. Semua ini cukup melelahkan.

Namun percayalah, lelah itu akan sirna menjadi kebahagiaan dan kebanggaan ketika suami dan anak makan dengan lahap terutama saat buka atau sahur di bulan Ramadan.

Ganjaran bagi istri yang masak untuk suami dan anak-anaknya seperti yang pernah dikatakan Rasulullah SAW kepada putri kesayangannya :

“Wahai anakku Fatimah, kelebihan wanita yang mengeluarkan peluh ketika masak untuk suami dan anaknya, Allah akan bina parit antara dirinya dan neraka bagi menghalang bahang api neraka itu dan jarak antara parit dengannya adalah sejauh langit dan bumi…”

(Abu Hurairah r.a)

Masya Allah Tabarakallah.

Jangan pernah berhenti memuji Allah. Betapa Allah begitu bermurah hati memberikan kita banyak keberkahan  hanya dengan memasak.

Sisterfillah, agar waktu di bulan Ramadan ini bisa kita manfaatkan sebaik mungkin untuk beribadah, maka kita perlu mengatur  strategi perdapuran.

Inilah 5 Tips Mempersiapkan Masakkan Mudah dan Enak Saat Ramadan

Yang dapat diterapkan agar Sisterfillah tidak terlalu repot dalam menyiapkan makanan untuk keluarga, antara lain:

1. Susun menu untuk satu Minggu ke depan

Susunlah menu minimal setiap satu minggu sekali. Manfaatkan waktu akhir pekan untuk merancang menu dan berbelanja bahan baku. Susunlah menu makanan yang mudah diolah namun mencakup empat sehat lima sempurna. Jangan lupa tambahkan menu favorit anak-anak agar mereka senang menjalankan ibadah puasa. Termasuk untuk mempersiapkan buah dan susu, ya, Sisterfillah. Saat ini referensi resep simple bisa didapatkan dengan mudah melalui internet. 

2. Siapkan bahan makanan untuk satu Minggu ke depan

Klikdokter.com

Setelah menu tersusun maka Sisterfillah dapat menyiapkan bahan makan selama satu Minggu. Bahan tersebut dicuci lalu dimasukkan dalam kulkas, misalnya kubis, Buncis, wortel, dan lain-lain. Demikian juga dengan daging ikan, ayam, udang, dan sapi masukkan dalam frezzer. Jangan lupa siapkan juga telur karena anak-anak biasanya suka makan telur. Sehingga Sisterfillah selalu ada persiapan bahan makan apalagi jika tukang sayur terdekat tidak berjualan.

Sisterfillah bisa mencari referensi food preparation yang saat ini juga sudah banyak diunggah di media sosial.

3. Siapkan juga bahan untuk membuat takjil

Tribunnews.com

Tidak ada salahnya juga untuk menyiapkan bahan membuat takjil untuk satu minggu ke depan. Misalnya Ubi, singkong, dan pisang untuk buat kolak atau tepung terigu untuk membuat gorengan. Bukankah dalam keadaan pandemi ini lebih baik membuat makanan sendiri ? Akan lebih sehat tentunya.

Baca juga Rahasia di Balik Manisnya Kurma

4. Membuat Bumbu Dasar

Sajiansedap.grid.id

Selain bahan makanan, Sisterfillah dapat menyiapkan bumbu dasar seperti bumbu merah, kuning, dan putih. Semuanya dapat dibuat sendiri kemudian masukkan dalam toples kedap udara, lalu simpan di kulkas. Bumbu dasar yang disimpan di kulkas ini bisa bertahan hingga satu bulan. Jadi Sisterfillah tidak harus repot mengupas bawang tengah malam atau mengulek bumbu lagi, ya.

5. Racik terlebih dahulu sebelum dimasak

food.detik. com

Saat sisterfillah memiliki waktu agak luang, alangkah baiknya waktu tersebut digunakan untuk mempersiapkan bahan masakan yang akan diolah. Biasanya pada jam 10 an pagi, atau bada dhuhur atau bahkan setelah shalat tarawih. Sisterfillah bisa persiapkan dengan memotong sayuran, membumbui ikan, atau merebus daging sesuai dengan menu yang akan dimasak. Setelah itu tinggal tunggu waktu untuk memasaknya saja.

Dengan perencanaan dan strategi seperti ini, maka Sisterfillah masih bisa menggunakan waktu lainnya untuk beribadah, seperti shalat sunnah, membaca Al Qur’an dan lain sebagainya.

Bulan puasa bulan penuh pahala. Jadi gunakan waktu itu sebaik-baiknya, ya!

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like