Tetap Bugar, Inilah 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Sedang Berpuasa

Assalaamualaikum, Sisterfillah

Tahukah sisterfillah jika olahraga saat sedang berpuasa adalah aktivitas menyehatkan bagi tubuh yang tidak boleh terlupakan?

Olahraga saat puasa memang terdengar sedikit menyeramkan. Logikanya, ketika perut lapar tubuh dipaksa untuk beraktivitas berat. Bayangan badan akan menjadi lemas tak bertenaga pasti sudah menghantui pikiran kita.

Tapi pada kenyataannya, aktivitas ini justru berdampak baik pada kesehatan. Olahraga saat sedang berpuasa justru sangat dianjurkan dan merupakan salah satu cara Rasulullah menjaga kesehatannya meski sedang berpuasa.

Dari Abu Hurairah r.a. meriwayatkan “Rasulullah s.a.w. bersabda:

Orang mu’min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah

daripada orang mu’min yang lemah. 

 

Namun, kita juga harus tahu waktu terbaik untuk melakukannya dan jenis olahraga apa yang diperbolehkan.

Olahraga apa saja yang bisa dilakukan saat sedang berpuasa?

1. Jalan Santai

Saat sedang berpuasa, hindari olahraga yang bisa membuat tubuh mudah berkeringat. Jalan santai adalah salah satu olahraga yang bisa dijadikan pilihan. Jalan santai akan membuat kesehatan tubuh terjaga, terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak. Kita bisa memilih waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini, seperti di sore hari menjelang buka puasa agar kondisi lemas tidak terlalu lama.

2. Bersepeda

Cobalah untuk bersepeda di sore hari. Kegiatan ini dapat menjaga tubuh agar tidak lemas. Bersepeda di sore hari akan membuat pikiran lebih tenang dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol dengan mudah.

3. Jogging

Kegiatan ini sebenarnya mirip dengan jalan santai, tetapi ritmenya sedikit lebih cepat. Tidak perlu khawatir, jogging masih termasuk olahraga ringan yang dapat dilakukan selama puasa dan dapat dilakukan kapan saja.

Kita bisa melakukan jogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat sedang berpuasa.

Berlari-lari kecillah kamu untuk menunjukkan kekuatan mereka kepada kaum musyrikin. 

Sedangkan, kaum musyrikin dari arah Qaiqa’an, dan untuk berjalan di antara dua rukun.

Tidak ada yang menghalangi beliau untuk menyuruh mereka berlari-lari kecil seluruhnya melainkan untuk mengekalkan atas mereka.”

[HR Bukhari].

4. Yoga

Yoga bisa dibilang olahraga ringan karena tidak terlalu menguras energi. Melakukan yoga saat sedang berpuasa mampu menjaga tubuh tetap segar, bugar, dan lebih rileks. Gerakan yoga berfokus pada teknik pernapasan yang dapat menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyeimbangkan produksi hormon.

Selain itu, yoga mampu membantu membakar kalori dan memperbaiki postur tubuh. Olahraga ini tidak akan membuat kita mudah lelah, karena yoga tidak akan membuat tubuh berkeringat banyak, dan kita pun tidak akan merasakan dehidrasi.

5. Berenang

Berenang dapat kita pilih sebagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat sedang berpuasa. Kita dapat berenang selama kurang lebih 30 menit sebelum berbuka. Ternyata, berenang mampu membakar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria. Namun, tetaplah berhati-hati untuk mencegah air masuk ke mulut yang mungkin bisa membatalkan puasa.

6. Naik Turun Tangga

Kedengarannya sepele, ya. Namun, ternyata aktivitas naik turun tangga ini terbukti menjadi jenis olahraga yang dapat dilakukan saat sedang berpuasa. Naik turun tangga ini tergolong olahraga ringan, tetapi mampu menyebabkan dehidrasi jika kita tidak melakukannya dengan prosedur yang benar. Naik turun tangga selama kurang lebih 10 menit akan menurunkan kalori di dalam tubuh sebesar 178 kalori, loh. Lakukan olahraga ini dengan gerakan normal dan tidak berlebihan.

Nah, Sisterfillah, itulah 6 jenis olahraga yang aman dilakukan saat sedang berpuasa di bulan Ramadan.

Olahraga saat sedang berpuasa tidak boleh lebih dari enam puluh menit, ya. Tetap perhatikan waktu melakukan olahraga. Pilih waktu yang tepat, jangan sampai niat kita berolahraga justru menjadi penyebab batalnya puasa kita.

Doa agar dijauhkan dari rasa malas

Hal penting yang perlu diperhatikan saat melakukannya adalah tetap berpikiran positif dan jauhi rasa malas. Pasang sugesti kuat bahwa kita mampu berolahraga. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak berolahraga saat sedang berpuasa.

Selamat berolah raga di bulan Ramadan dengan penuh semangat,  Sisterfillah.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like