Rahasia di Balik Manisnya Kurma

kurma

Assalamu’alaikum, Sisterfillah

Bulan Ramadan telah datang. Semua muslim yang beriman menyambut bulan penuh rahmat ini dengan penuh suka cita. Dan semoga kita termasuk orang-orang yang dapat mengisi bulan Ramadan dengan maksimal, membawa kebaikan dan keberkahan, ya Sisterfillah.

Salah satu yang menjadi ciri khas bulan Ramadan adalah Kurma. Sejak sebulan sebelum Ramadan, kurma marak dijual di supermarket atau bahkan dijual secara online. Buah khas Timur Tengah ini menjadi primadona yang “most wanted”  bagi setiap orang saat bulan Ramadan.

Baca Juga 16 Tradisi Unik Ramadan di Indonesia

Ada Rahasia Apa di balik Manisnya Kurma?

Ternyata selain nikmat untuk di makan, buah kurma juga banyak disebut di dalam Al Qur’an. Ini sebagai pertanda bahwa ada kebaikan yang tidak boleh kita abaikan pada buah kurma.

Dalam Al-Qur’an surah An Nahl ayat 67

Dan dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti.

Dalam Al-Qur’an surah Maryam Ayat 25-26.

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu.

Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini.”

Meskipun pusat kurma berasal dari negara Arab tapi di Indonesia sudah ada yang mencoba membuat perkebunan kurma dan berhasil membudidayakannya. Terdapat aneka varian dan jenis kurma seperti: Ajwa,  medjool,  sukari,  Golden Valley,  Ruthob.

Dilansir dari beberapa referensi, manfaat buah kurma bagi kesehatan antara lain adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah resiko diabetes,  meningkatkan kesehatan tulang, mencegah anemia, meningkatkan kesehatan jantung, menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan otak, menurunkan berat badan, membantu mencukupi kebutuhan cairan dan melancarkan persalinan.

MasyaAllah begitu banyak manfaat yang terkandung dalam buah kecil berwarna kecoklatan dengan rasa yang sangat manis ini.

Selain beragam kaya manfaat dari buah kurma yang diteliti secara medis,  kurma juga mempunyai beberapa kegunaan dahsyat dalam sunah sesuai sunah Nabi.

Manfaat Kurma menurut Sunnah Rasul

kurma

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sering menjelaskan manfaat kurma, antara lain :

1. Memakan 7 buah kurma dapat menangkal racun dan sihir

Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, diriwayatan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam beliau bersabda ‘Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir’.

Ajwa merupakan salah satu jenis kurma yang berasal dari Madinah, dikenal sebagai kurma Hijaz yang terbaik dari seluruh jenisnya. Bentuknya bagus, padat dan agak keras, namun termasuk kurma yang paling lezat, harum dan empuk. Biasanya kalau Anda survai ke pasar, dia memiliki harga yang paling tinggi diantara yang lain.

2. Kurma Ajwa berasal dari surga dan dapat mengobati racun

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam :

“Kurma ‘Ajwah itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun,”

(HR. Ibnu Majah dengan sanad yang shahih.)

3. Kurma mencegah pemiliknya dari kelaparan

“Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, akan membikin lapar penghuninya,”

(HR. Muslim no. 2046).

“Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, seperti rumah yang tidak ada makanan di dalamnya,” (HR. Ibnu Majah no. 3328).

4. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan contoh dengan kurma ketika memerintahkan umat ini untuk bersedekah.

Dari Sahabat Adiy bin Hatim, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda

“Barangsiapa dari kalian yang mampu berlindung diri

dari api nerakawalaupun hanya dengan sebutir tamr, maka lakukanlah”.

(HR. Muslim no.1016, HR. Bukhari no.6023, dan HR At-Tirmizdi no.2415).

 

Masya Allah Tabarakallah.

Begitu banyak keutamaan buah kurma ini bagi umat muslim.

Sisterfillah jangan ragu lagi ya untuk menyiapkan buah kurma sebagai salah satu pilihan terbaik untuk keluarga di bulan Ramadan ini.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like