Pastikan 5 Hal Ini Sebelum Masuk Bulan Ramadan

persiapan ramadan

Assalamu’alaikum, Sisterfillah

Waktu begitu cepat berlalu. Tidak terasa tinggal selangkah lagi kita akan memasuki bulan yang paling dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan yang sangat istimewa, dimana setiap detiknya begitu berharga. Bulan dimana Allah melipatgandakan pahala bahkan tidurpun bernilai ibadah.


Sisterfillah, selayaknya menyambut sesuatu yang istimewa, tentu saja kita memerlukan persiapan matang untuk menyambut kehadiran bulan yang mulia ini.

Apa tujuannya?

Agar kita berhasil menyandang predikat orang yang bertakwa selepas menjalankan ibadah Ramadan sesuai dengan tujuan berpuasa itu sendiri.

Seperti yang tercantum dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 183.

“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa

sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”


Jadi apa saja sih yang perlu kita persiapkan?

Pastikan 5 Hal ini Sebelum Masuk Bulan Ramadan


1. Pastikan Sudah LUNAS Hutang Puasa di Ramadan sebelumnya

Berpuasa di bulan Ramadhan adalah wajib hukumnya. Tetapi tidak semua orang muslim yang telah baligh dapat berpuasa. Diantaranya wanita haid, orang yang sakit, wanita hamil, wanita menyusui, dan orang yang sedang bepergian.

Maka mereka diwajibkan mengganti puasanya pada hari lain seperti yang difirmankan Allah Swt dalam Al- Qur’an surat Al Baqarah ayat 184

“Siapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya mereka berpuasa) sebanyak hari yang mereka tinggalkan tersebut pada hari-hari lain. …”

Jangan lupa jika sudah masuk bulan Ramadan, Sisterfillah harus mencatat hari yang ditinggalkan berpuasa karena mendapat haidh atau sakit.

2. Pastikan Punya Target Ibadah

Supaya lebih maksimal mendapatkan keberkahan dan pahala di bulan Ramadan, banyak hal yang bisa kita buat sebagai target ibadah. Antara lain seperti membaca al-Quran sebanyak 30 juz selama bulan Ramadhan, melaksanakan berbagai shalat sunnah, sedekah, membaca buku dll.

Agar lebih terpantau, catatlah target ini dalam sebuah buku, setiap habis tarawih di beri ceklis ibadah mana saja yang berhasil dilakukan pada hari itu. Dengan menetapkan target ibadah harian dan mencatatnya jadi lebih terukur dan lebih bersemangat.


3. Pastikan Memiliki  Agenda Keluarga selama Bulan Ramadan

Bulan Ramadhan ini adalah waktu yang sangat spesial bagi seorang hamba yang beriman kepada Allah Swt. dBulan ini juga bulan tarbiyah (pendidikan). Biasanya ketika bulan Ramadan waktu kebersamaan dengan keluarga lebih banyak.

Supaya tidak  hanya menghabiskan waktu dengan gawai , alangkah lebih baik jika kita memiliki agenda ramadan. Bagi yang sudah berkeluarga, tentunya ini menjadi tugas khusus orang tua membimbing buah hatinya.

Contohnya, memperbanyak membaca buku-buku islami, memperbanyak tilawah, bersilaturahmi dengan teman atau kerabat, juga mengunjungi rumah yatim.

Baca juga 6  Persiapan Puasa Ramadan di Tengah Pandemi

4. Pastikan Mengatur Keuangan dengan Baik

Memasuki bulan Ramadan, Sisterfillah  perlu menyiapkan anggaran khusus dan mengatur keuangan dengan baik. Tapi tunggu dulu! Ini bukan dana untuk berbelanja atau mudik, loh. Persediaan dana disini maksudnya untuk bersedekah.

Pada bulan-bulan selain Ramadan, amakan sedekah mempunyai keutamaan yang begitu dahsyat yang dilipatgandakan pahalanya.  Apalagi jika bersedekah di bulan Ramadan. Pastinya lebih banyak lagi pahala yang Allah akan berikan pada orang-orang yang melaksanakannya.

Salah satu keutamaan sedekah ini antara lain dihapuskannya dosa.

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air dapat memadamkan api.”

( HR. Tirmidzi )

Baca Juga 5 Tips Bersedekah di Tengah Pandemi

5. Pastikan Sisterfillah sudah Menyusun Menu Sahur dan Buka Puasa

Jika Sisterfillah telah berkeluarga, pasti pernah merasakan bingung menentukan menu untuk berbuka maupun sahur. Supaya waktunya tidak habis mencari ide memasak sebaiknya menu untuk berbuka dan sahur disusun terlebih dahulu. Diskusikan dahulu dengan keluarga dan pilih menu yang mudah dan tidak menghabiskan waktu  untuk memasak.

Itulah 5 Hal yang harus Sisterfillah pastikan sudah dilakukann, sebelum memasuki bulan Ramadan. Nampaknya mudah dan ringan, ya? Tapi jangan diabaikan begitu saja.

Coba praktekkan dan rasakan bedanya menjalani ibadah Ramadan yang telah diplanning dengan baik.

Selamat menyambut Ramadan, Sisterfillah

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like