Semangat Senin! Ini Dia Keistimewaan Hari Senin yang Tidak Banyak Diketahui Umat Muslim

Rahasia hari senin

Assalamu’alaikum, Sisterfillah

Tak terasa sudah awal pekan lagi, ya? Senin sudah menyapa hati menjadi pembuka hari.

Nah, biasanya kalau hari Senin tiba, kita sering  mendengar ungkapan I Hate Monday. Kenapa asih harus tidak suka dengan hari Senin?

Apakah karena masih terpengaruh dengan hawa akhir pekan yang penuh dengan rasa santai? Sehingga saat harus mulai beraktivitas lagi di hari Senin, rasa malas masih terasa.

Padahal, tahukah Sisterfillah?

Dalam Islam, hari Senin menempati tempat yang istimewa yang jarang sekali orang yang mengetahuinya. Seandainya tahu, pasti slogan I Hate Monday tidak akan lagi terucap dan berubah jadi I Love Monday.

love monday

Mau Tahu Apa Saja Keistimewaan hari Senin Dalam Islam?

Cek selengkapnya di bawah ini yuk!

Hari Senin Adalah Hari Lahir Nabi Muhammad SAW

Semua muslim pasti tahu, bahwa Nabi seluruh umat Islam, yaitu Nabi Muhammad SAW terlahir pada hari Senin. Hari Senin pula menjadi hari kematian Nabi Muhammad SAW. Tentu saja hari ini menjadi hari yang spesial bagi umat muslim. Menyukai hari Senin bisa diibaratkan bahwa kita pun cinta dengan Nabi Muhammad, karena bagi Nabi hari tersebut juga terasa istimewa.

Hari Dimana Umat Islam Dianjurkan Untuk Berpuasa

Mulai sekarang sebisa mungkin Sisterfillah tidak membenci hari Senin, ya! Pasalnya hari ini adalah hari yang mulia.

Pada hari ini Nabi Muhammad SAW bahkan menyarankan umat muslim untuk berpuasa sunnah. Puasa yang kita kenal dengan puasa senin kamis.

Dalam sebuah riwayat, Nabi Muhammad SAW bersabda mengenai alasan mengapa pada hari ini di sarankan untuk puasa.

“Amal-amal manusia diperiksa pada hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa”

(H.R. At-Tirmidzi)

Pada Hari Senin Pintu Surga Dibuka

Tidak hanya memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, keistimewaan hari Senin adalah terbukanya pintu-pintu surga. Pada hari Senin dan Kamis, dosa orang mukmin akan diampuni, kecuali dua orang mukmin yang sedang bertikai.

Dalam sebuah hadist diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis, maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya. Kecuali seseorang yang diantara dia dan saudaranya terjadi permusuhan”

Membaca betapa istimewanya hari Senin, rasanya kita harus segera memperbaiki mindset kita. Betapa mulianya hari senin dan sudah sepantasnya sebagai kaum muslim untuk tidak lagi membenci hari ini.

Hari Dimana Al-Qur’an Diturunkan

Sabar

Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa Al-qur’an diturunkan pada hari Senin. Dalam sebuah hadist diriwayatkan oleh Iman Muslim disebutkan,

“Hari Senin adalah hari dimana aku dilahirkan dan hari aku diutus

atau diturunkannya Al-Qur’an kepadaku”

Hari Untuk Mendapatkan Ampunan

Banyak-banyaklah membaca istighfar pada hari Senin, karena pada hari ini semua dosa akan memdapatkan ampunan. Pada hari Senin, semua amalan akan diangkat dan pintu surga terbuka lebar. Sehingga wajar sekali apabila Nabi Muhammd menganjurkan untuk melakukan puasa Senin dan Kamis.

Hari yang Baik Untuk Berobat

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda,

“Berbekamlah pada hari Senin dan Selasa karena sesungguhnya pada hari itu

Allah menyembuhkan Ayyub dari penyakit”

Dari hadist di atas dapat disimpulkan bahwa hari yang baik untuk berobat adalah hari Senin sesuai dengan pesan Nabi Muhammad SAW.

Nah, Sisterfillah!

Setelah mengetahui keistimewaan hari Senin, apakah kita sebagai muslim akan tetap mengatakan benci pada hari Senin? Tentu saja tidak bukan?

Mari kita perbanyak amal ibadah kita pada hari Senin dan selalu semangat menjalani aktivitas di awal pekan ini. Agar saat amal kita disetor hanya hal-hal baik yang kita lakukan sehingga raport pun akan baik juga.

Selamat berhari Senin, Sisterfillah!

I Love Monday

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like