Salat Dhuha, Ibadah Sunnah yang Sayang Jika Tak Dikerjakan

Assalamualaikum, Sisterfillah

Dalam agama Islam kita mengenal selain ibadah wajib, ada juga ibadah-ibadah sunnah yang sebaiknya kita kerjakan.

Memang bila dikatakan sunnah berarti kita tidak akan mendapat dosa bila meninggalkannya. Tapi ibadah-ibadah sunnah ini memiliki manfaat dan hikmah yang sayang bila tidak kita kerjakan. Salah satu ibadah sunnah yang mempunyai manfaat dan hikmah adalah salat Dhuha.

Apa itu Salat Dhuha?

Salat Dhuha adalah salat sunnah yang dikerjakan setelah matahari terbit sampai menjelang waktu Dzuhur. Dikerjakan minimal 2 rakaat. Tapi bila mau kita dapat melakukannya 4, 6, atau 8 rakaat. Boleh dikerjakan 2 rakaat untuk sekali salam, atau 4 rakaat untuk sekali salam.

Karena dikerjakan saat pagi hari sebelum kita melakukan banyak kegiatan, salat Dhuha bisa dikatakan sebagai persiapan awal seseorang melakukan kegiatan yang penuh tantangan.

Manfaat dan Hikmah Sholat Dhuha

Hikmah sholat dhuha

Salat Dhuha mempunyai banyak hikmah bagi mereka yang mengerjakannya. Hikmah salat Dhuha antara lain adalah:

1. Diampuni Dosa-Dosanya

Sisterfillah, manusia tak mungkin lepas dari salah dan dosa. Tapi Allah  berjanji akan mengampuni dosa-dosa manusia walau sebanyak buih di lautan bila manusia tersebut mengerjakan salat Dhuha.

Seperti dijelaskan dalam Hadis Riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah. Rasulullah bersabda yang artinya sebagai berikut:

 “Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

2. Salat Dhuha sebagai Sedekah

Secara umum sedekah bisa diartikan pemberian sukarela dari seseorang kepada orang lain dengan mengharapkan pahala dari Allah SWT.

Sedekah merupakan salah satu ibadah yang besar pahalanya. Orang yang mengerjakan salat Dhuha akan dihitung sebagai orang yang bersedekah.

Manfaat sholat dhuha

Rasulullah bersabda sebagai berikut, yang artinya:

“Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua raka’at,” (HR Muslim).

Melaksanakan sedekah juga merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas semua nikmat yang kita terima.

Keutamaan bersyukur antara lain adalah Allah akan menambah nikmat dan melapangkan rezeki orang-orang yang bersyukur.

3. Tidak Dianggap Orang Lalai

Orang-orang yang melaksanakan salat dhuha tidak akan dikategorikan ke dalam kelompok orang-orang  yang lalai atau lengah dalam mencari rahmat Allah SWT.

Rasulullah bersabda sebagai berikut, yang artinya:

“Orang yang mengerjakan shalat dhuha tidak termasuk orang lalai,” (HR Al-Baihaqi dan An-Nasa’i).

Selain ketiga manfaat tersebut di atas, sholat dhuha juga akan memberikan perasaan dan jiwa yang tenang sehingga dapat melepaskan stres.

Sisterfillah bisa mulai mencobanya rutin mulai dari sekarang, ya.

Manfaat Sholat Dhuha Secara Medis

Selain memiliki manfaat secara rohani, salat Dhuha juga memberikan manfaat secara medis. Dr. Ebrahim Kazim, seorang dokter, peneliti, dan direktur dari Trinidad Islamic Academy, mengatakan,”Gerakan teratur dan berulang-ulang dari sholat menguatkan otot beserta tendon, sendi serta berefek luar biasa terhadap sistem kardiovaskular.”

Salat Dhuha akan menghilangkan ketegangan karena tubuh secara fisiologis mengeluarkan zat-zat seperti endorphin.

Zat ini sejenis morfin yang akan membuat tubuh menjadi rileks, serta merupakan zat alami yang diproduksi oleh tubuh maka keberadaannya akan lebih bermanfaat dan terkendali.

Sisterfillah, itulah keutamaan dan manfaat salat Dhuha, baik secara rohani maupun ditinjau dari segi medis. Jadi,  walaupun hukumnya sunnah, amat disayangkan bila tidak dikerjakan.

Sebagai muslim yang baik, marilah kita mulai mengerjakan salat Dhuha agar mendapat manfaat-manfaat yang disebutkan di atas.

Sisterfillah bisa mulai merutinkan salat Dhuha sebanyak dua rakaat atau semampunya terlebih dahulu. Ketika Sisterfillah sudah bisa istiqamah dengan dua rakaat, silakan menambah dengan dua rakaat lainnya. Begitu seterusnya.

Selamat mencoba, Sisterfillah!

2 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like