3 Amalan Penarik Rezeki Sederhana dan Mudah

Amalan penarik rezeki– Assalamu’alaikum, Sisterfillah,

Apakah pernah merasa sempit rezeki? Jika iya, maka sisterfillah tidak sendiri. Banyak orang merasakan hal yang sama.

Namun, yang lebih penting dari perasaan tersebut adalah, apakah selama ini sisterfillah lebih banyak menunggu datangnya rezeki ataukah memilih untuk berikhtiar maksimal?

Semoga Sisterfillah melakukan yang kedua, ya. Sebab menjemput rezeki adalah kewajiban setiap makhluk Allah. Allah telah menjamin rezeki setiap makhluk-Nya. Sebagaimana yang tersirat dalam Al-Qur’an surat Hud ayat 6. Di sana disebutkan bahwa:

“Tidak suatu binatangpun (termasuk manusia) yg bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin oleh Allah rezekinya.”

Artinya, Allah akan memberikan kesehatan, juga makanan maupun minuman untuk seluruh makhluk hidup di dunia. Namun, tentu janji Allah tersebut tidak lantas membuat kita berpangku tangan. Berupaya untuk menjemput rezeki adalah lebih utama.

Amalan mendatangkan rezeki tak terduga

Selain rezeki yang telah dijamin oleh Allah, juga ada rezeki yang didapat sesuai dengan apa yang diusahakan. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surat An-Najm ayat 39, yang berarti,

“Tidaklah manusia mendapat apa-apa kecuali apa yang telah dikerjakannya.”

Dari ayat tersebut, kita tahu bahwa Allah akan memberikan rezeki sesuai dengan apa yang dikerjakan oleh makhluk-Nya.

Sederhananya, jika kita bekerja dua jam, maka yang didapat adalah hasil dari dua jam. Jika bekerja lebih lama, lebih rajin, lebih berilmu, atau lebih sungguh-sungguh, kita akan mendapat lebih banyak.

Untuk rezeki ini, tidak memandang status keagamaan baik yang bersangkutan muslim atau kafir. Itulah kenapa terkadang kita melihat nonmuslim kaya raya. Rupanya, hal tersebut masuk dalam rezeki jenis ini.

Amalan penarik rezeki

Selanjutnya ada rezeki yang datang dari arah yang tidak disangka-sangka. Sebagaimana disebutkan dalam QS. At-thalaq ayat 2-3:

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yg tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Baca Juga: Adab Berdoa dalam Islam, No. 5 Sering Diabaikan

3 Amalan Sederhana Penarik Rezeki

Rezeki yang datangnya tidak diduga dan dari arah yang tiada disangka disebut rezeki istimewa. Sebab rezeki ini kerap tiba di saat seseorang berada dalam kondisi sangat membutuhkan.

Rezeki ini akan diberikan Allah kepada hamba-Nya yang bertakwa sebagai wujud kecintaan Allah kepada makhluk-Nya.

Nah, ada 3 (tiga) amalan sederhana anjuran Allah dan Rasul-Nya yang apabila kita lakukan, maka dapat menarik rezeki untuk mendekat kepada kita.

1. Memperbanyak Istighfar

Astaghfirullah, begitulah kalimat istighfar yang lazim Sisterfillah kenal. Artinya aku minta ampun kepada Allah. Berdasarkan sabda Rasulullah SAW dalam hadist riwayat Ahmad yang artinya,

“Barang siapa yang memperbanyak membaca istighfar, maka Allah akan menjadikan segala kesusahan menjadi kemudahan dan dari segala kesempitan, Allah menjadikan jalan keluar dan Allah akan memberi rezeki untuknya dari yang dia sangka maupun yang tidak dia sangka”.

Intinya, dengan memperbanyak membaca istighfar, dengan izin Allah segala urusan maupun semua perkara kita akan menjadi mudah dan rezeki pun semakin mendekat kepada kita.

Baca juga : Raih Keutamaan Salat Sunnah Rawatib

2. Bersedekah

Sisterfillah tentu tidak asing dengan kata sedekah. Bersedekah biasa dimaknai dengan memberikan sebagian yang kita miliki kepada orang lain. Baik sedekah materi maupun sedekah dalam bentuk lain semisal senyum atau mendoakan kebaikan kepada setiap orang yang kita temui.

Banyak orang beranggapan, bahwa bersedekah dengan mengeluarkan harta, akan membuat harta semakin berkurang. Begitulah sependek pemikiran akal manusia. Akan tetapi, Allah menjanjikan untuk melipat gandakan harta yang telah disedekahkan untuk orang lain.

Sebagaimana firman-Nya dalam QS. Al-Baqarah ayat 261.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkankan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Meski demikian, alangkah lebih bijak jika ketika bersedekah, kita berusaha untuk semata-mata mengharap ridho Allah. Bukan mengharap balasan harta yang lebih banyak maupun mengharap balasan di dunia.

3. Perbanyak Bersyukur

Rezeki akan datang menghampiri jika kita pandai bersyukur. Allah berfirman dalam QS. Ibrahim ayat 7,

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Orang-orang yang pandai bersyukur akan dapat merasakan kasih sayang Allah, merasakan hidup yang tenang, tentram dan bahagia. Sehingga rezeki pun dengan mudah mendekat kepadanya.

Sisterfillah, tiga amalan penarik rezeki di atas bukanlah hal yang sulit dilakukan bukan?

Siapapun yang mengerjakannya secara istiqamah, insyaAllah akan mendapatkan keberuntungan. Namun janganlah lupa bahwa setiap amalan tentu dibarengi dengan ikhtiar supaya meraih keberkahan.

Selamat mengamalkan, Sisterfillah!

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More

Berburu Pahala di Hari Jumat

Assalamuailaikum Sisterfillah Beberapa hadits Rasulullah saw telah meriwayatkan banyak kejadian-kejadian penting di hari Jumat.  Apa sajakah itu? Diriwayatkan…