5 Cara Mendatangkan Cinta Allah

Cara Mendatangkan cinta Allah -Assalamu’alaikum, Sisterfillah.

Layaknya cinta terhadap manusia, kita juga pasti mengharapkan cinta dari Allah. Tidak ada yang lebih membahagiakan selain dicintai oleh Tuhan Sang Pemberi Kehidupan. Namun, tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan cinta dari Allah. Bukan karena Allah yang tidak mau, tapi karena kita yang terkadang enggan untuk berusaha mendekati-Nya.

Lalu, bagaimanakah cara untuk mendatangkan cinta Allah?

1. Mengingat Allah Setiap Saat

Sisterfillah, mengingat Allah tidak hanya dilakukan saat salat. Setiap saat, kapan pun, dan dimana pun, baik dengan hati, lisan, dan perbuatan kita bisa menghadirkan Allah dalam diri dan hati. Membaca istigfar dan kalimat toyyibah merupakan salah cara untuk selalu mengingat Allah. Semakin sering mengucapkannya, maka semakin kita merasa dekat dengan Allah.

Mengingat Allah juga jangan dilakukan saat kesusahan atau dalam keadaan sempit. Di saat lapang pun, kita harus tetap mengingat dan menghadirkan Allah dalam hati agar cinta-Nya senantiasa hadir dalam bidup kita.

Dalam Al-Qur’an surah Ar-Ra’d ayat 28 Allah berfirman:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.”

2. Mengerjakan Ibadah Sunah

Mendatangkan cinta Allah bisa juga bisa dilakukan dengan mengerjakan ibadah sunah. Ada banyak ibadah sunah yang bisa dilakukan, seperti puasa senin kamis, puasa ayyamul bidh, salat dhuha, salat tahajud, sedekah, dan lainnya.

Ketika seseorang melakukan amalan yang bersifat wajib, itu karena memang harus dilakukan untuk menggugurkan kewajiban dan terhindar dari dosa. Namun, ketika melakukan ibadah yang bersifat sunah, itu lebih karena kita ingin mendekatkan diri dan mengharap ridho Allah.

3. Membaca, Memahami, dan Mengamalkan Isi Al-Qur’an

Sebagai kitab suci yang diturunkan pada umat nabi Muhammad SAW, Al-Qur’an tidak hanya untuk dibaca, tapi juga dipahami, diamalkan isinya, dan dijadikan sebagai pedoman hidup. Membaca Al-Qur’an tidak hanya membuat kita menjadi dekat dengan Allah, tapi juga mendatangkan pahala, membuat hati menjadi tenang dan lapang, serta terhindar dari rasa marah.

Jika berat untuk mulai membaca Al-Qur’an, maka paksalah diri untuk membacanya. Setelah terbiasa, ketika tidak membacanya, maka akan ada rasa kehilangan. Dengan begitu, kita akan termasuk ke dalam golongan orang-orang yang dicintai Allah. Masya Allah.

4. Menjadi Pribadi yang Selalu Bersyukur

Tidak semua orang bisa dengan mudah bersyukur. Dalam Al-Qur’an surah Ibrahim ayat 7 Allah berfirman:

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memakhlumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azabku sangat berat.”

Tiga cara bersyukur, yaitu bersyukur dengan hati, menyadari sepenuhnya jika bahwa segala nikmat dan rezeki semata-mata atas kemurahan dan kasih sayang Allah; bersyukur dengan lisan, mengucapkan lafadz hamdallah; dan bersyukur dengan tindakan bisa melalui sedekah dan membelanjakan harta di jalan Allah.

Semoga kita senantiasa menjadi pribadi yang selalu bersyukur dan jauh dari rasa kufur, sehingga cinta Allah senantiasa mengisi hati.

5. Mengingat Kematian

Kematian itu sangat dekat dan bisa datang kapan saja. Dengan mengingat kematian, kita akan mendekatkan diri kepada Allah, senantiasa menjadi hamba yang bertaubat, menjauhi perbuatan zalim, meningkatkan kualitas ibadah, serta menjadi motivasi untuk lebih memantaskan diri menghadapi kehidupan akhirat.

Tidak ada yang tahu kapan kematian akan menjemput, sedetik kemudian, jika Allah berkehendak bisa saja terjadi. Tua, muda, bahkan bayi yang belum terlahir di dunia pun akan merasakan yang namanya kematian.

Sisterfillah, inilah 5 cara mendatangkan cinta Allah. Semoga kita selalu berusaha untuk mendatangkan cinta Allah karena sesungguhnya itulah yang harus kita lakukan.

Cinta kepada dunia maka dunia akan pergi

Cinta kepada manusia, manusia akan mati

Cintalah pada Allah karena Dialah yang Kekal Abadi

2 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like