Raih 5 Keutamaan Salat Sunah Rawatib

Assalammu’alaikum, Sisterfillah.

Dalam surat Al-Ankabut ayat 45 Allah SWT berfiman yang artinya:

“Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan)  keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (salat) itu lebih besar keutamaannya dari ibadah yang lain. Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Sisterfillah, kita mengenal salat wajib sebanyak 5 kali dalam sehari semalam, mulai dari matahari terbit hingga malam hari. Selain melaksanakan salat wajib, ada salat sunah yang dilakukan sebagai penyempurna salat wajib dan disebut sebagai salat sunah rawatib.  Ada dua jenis salat sunah rawatib, yaitu yang dikerjakan sebelum salat wajib (sunah qobliyah) dan setelah salat wajib (sunah ba’diyah).

Sisterfillah, salat sunah rawatib dibagi menjadi dua sesuai dengan anjuran ditegakannya.

  1. Salat sunah rawatib mu’akad, bersifat sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Terdiri atas 2 rakaat sebelum salat subuh, 2 atau 4 rakaat sebelum salat zuhur, 2 rakaat sesudah salat zuhur, 2 rakaat sesudah salat magrib, dan 2 rakaat sesudah salat isya. Rasulullah juga tidak pernah meninggalkan salat sunah rawatib mu’akad.
  2. Salat Sunah Ghoiru Mu’akad, bersifat dianjurkan tanpa penekanan yang kuat. Terdiri 2 atau 4 rakaat sebelum salat asar (dikerjakan 2 kali salam jika 4 rakaat), 2 rakaat sesudah salat zuhur, 2 rakaat sebelum salat magrib, dan 2 rakaat sebelum salat isya. Salat ini tidak selalu dikerjakan oleh Rasulullah, kadang dikerjakan, kadang tidak.

5 Keutamaan Salat Sunah Rawatib

Mengerjakan salat sunah memang butuh keikhlasan untuk memulainya dan istiqomah untuk selalu melakukannya. Pada akhirnya tidak semua orang mampu dan mau melakukannya. Padahal, ada banyak sekali fadilah atau keutamaan yang akan kita dapat, diantaranya adalah :

Tidak selamanya salat fardhu  atau salat wajib 5 waktu  yang kita kerjakan terlaksana dengan baik, benar, dan sempurna. Mungkin ada beberapa kekurangan yang membuat kita kurang khusuk. Salat sunah rawatib dapat menutupi kekurangan dalam salat fardhu yang sifatnya sunah, seperti kurang khusuk atau lupa membaca doa iftitah.

Diberikan Rumah Di Surga

Dari Ummu Habibah Radhiallahu anha berkata:

“Aku telah mendengar Rsulullah bersabda, barang siapan salat dalam sehari semalam 12 rakaat akan dibangun untuknya rumah di surga, yaitu 4 rakaat sebelum zuhur dan 2 rakaat sesudahnya, 2 rakaat sesudah magrib, 2 rakaat sesudah isya, dan 2 rakaat sebelum subuh.”

(H.R. At-Tirmidzi).

Masya Allah, jika masih terasa berat, secara perlahan mari kita paksa diri kita untuk melakukan salat sunah rawatib.

Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Sisterfillah, salah satu salat sunah mu’akad adalah salah sunah 2 rakaat sebelum salat subuh.

Disebutkan jika salat sunah 2 rakaat sebelum salat subuh nilainya melebihi dunia dan seisinya.

Dalam Hadits Riwayat Bukhari No. 1169 pun disebutkan dari semua salat sunah tidak ada salat sunah yang paling Rasulullah jaga, seperti halnya menjaga untuk tidak meninggalkan 2 rakaat salat fajar atau 2 rakaat sebelum salat subuh.

Menjalankan Sunah Rasulullah

Telah dijelaskan di atas, jika Rasulullah tidak pernah meninggalkan salat sunah rawatib muakad. Dengan melaksanakan salat sunah rawatib, itu artinya kita senantiasa melaksanakan sunah Rasullulah.

Mendekatkan Diri pada Allah

Kebahagian hakiki bagi setiap muslim adalah ketika mampu mendekatkan diri kepada Allah. Merasakan rasa tenang, damai, dan ketentraman yang luar biasa. salah satu cara mendapatkannya adalah dengan salat. Semakin sering kita mendirikan salat, terutama salat sunah, maka akan semakin dekat hati ini kepada Sang Pemilik Kehidupan.

Sisterfillah, pada awalnya mungkin terasa berat. Tapi jika kita benar-benar ingin meraih keutamaannya, percayalah akan ada jalan kemudahan yang diberikan oleh Allah. Insya Allah akan semakin ditingkatkan kualitas ibadah kita. Hingga bisa merasakan  kenikmatan dan ketenangan ketika semakin melaksanakan salat.

Karena salat bukan sekedar mengugurkan kewajiban

 

7 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like