6 Kriteria Baju Pengantin Muslimah, Tetap Cantik Meski Tertutup

baju pengantin muslimah

Hai Sisterfillah.

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan menjelang hari pernikahan. Salah satu yang paling penting adalah busana pengantin. Pemilihan busana pengantin tentu tidak bisa sembarangan mengingat semua perempuan pasti memimpikan tampilan yang paling cantik dan sempurna di hari bahagianya itu. Khusus bagi muslimah, memilih baju pengantin yang cantik saja tidak cukup. Beberapa kriteria baju pengantin muslimah perlu dijadikan pertimbangan.

Jenis busana pengantin perempuan memang banyak. Tapi tidak semuanya memenuhi kaidah berpakaian bagi muslimah. Maka untuk bisa mengenakan pakaian pengantin cantik pada hari pernikahan, muslimah bisa merancang sendiri desainnya atau mencari busana siap pakai yang sesuai dengan kaidah tersebut. Agar tidak bingung dalam menentukan, kriteria di bawah ini bisa menjadi perhatian.

Berukuran Longgar

Gaun pernikahan muslimah
Sumber foto: Pinterest

Banyak sekali baju pengantin perempuan yang memang sengaja dibuat untuk memperlihatkan lekuk tubuh. Baju pengantin yang demikian disebut bisa menampakkan keanggunan sang pengantin perempuan. Padahal kriteria baju pengantin muslimah yang tepat harus berukuran longgar dan tidak boleh ketat di semua bagian. Sebaiknya pilih model dress panjang dengan bagian bawah lebar agar tidak membentuk bagian tubuh secara ketat.

Tertutup Sempurna

Referensi baju pengantin syari
Sumber foto: pinterest

Kriteria baju pengantin muslimah selanjutnya harus bisa menutup seluruh bagian tubuh dengan sempurna. Tidak boleh ada aurat pengantin perempuan yang terlihat kecuali wajah dan telapak tangan. Pemilihan busana pengantin model kebaya juga tidak ada salahnya digunakan untuk pengantin muslimah. Hanya saja, model kebaya tersebut harus dimodifikasi agar tidak terlalu ketat atau terbuka. Untuk menutup sempurna, baju pengantin muslimah bisa dilengkapi dengan jilbab lebar yang menutup dada.

Tidak Transparan

Baju pengantin perempuan biasanya terbuat dari bahan tertentu yang berkesan mewah. Umumnya bahan yang demikian bersifat transparan dengan hiasan tertentu yang bertujuan untuk mempercantik tampilan. Bahan yang transparan sebaiknya tidak digunakan karena akan memperlihatkan bagian tubuh. Jangan terburu-buru khawatir tidak bisa tampil cantik dengan busana pengantin yang indah. Untuk menyiasatinya bisa dengan pemakaian bahan lain di bagian dalam busana pengantin. Jadi pengantin muslimah tetap bisa tampak elegan tanpa harus memperlihatkan bagian tubuhnya.

Tidak Menyerupai Laki-laki

Setiap orang memang berhak mengatur ingin seperti apa model baju pengantin yang akan dipakainya. Namun khusus untuk muslimah, model busana pengantin tidak boleh memang tidak bisa dibuat dengan desain sembarangan. Salah satu kriteria baju pengantin muslimah yaitu tidak boleh menyerupai laki-laki. Hal ini memang sesuai dengan aturan berpakaian bagi perempuan muslim. Model yang paling aman untuk pengantin muslimah adalah dress panjang. Jika ingin busana pengantin yang terdiri dari dua potong, maka bawahan harus berupa rok yang lebar.

Hiasan Tidak Berlebihan

Gaun pengantin syari
Sumber foto : Pinterest

Busana pengantin selalu identik dengan kesan mewah dan elegan. Kesan tersebut biasanya terbentuk dari hiasan pada baju yang umumnya berupa payet atau hiasan sejenisnya. Penggunaan hiasan semacam itu memang tidak dilarang. Akan tetapi tidak boleh terlalu banyak atau berlebihan dalam menggunakan hiasan. Pasalnya segala sesuatu yang berlebihan harus dihindari termasuk soal berpakaian.

Warna yang Tidak Terlalu Mencolok

Gaun pengantin muslimah
Sumber foto : Pinterest

Kriteria baju pengantin muslimah memang harus sesuai dengan kaidah berpakaian yang salah satunya menghindari tampilan yang mencolok. Dalam memilih warna busana pengantin, sebaiknya hindari warna yang terlalu terang dan mencolok. Warna-warna netral dengan nuansa lembut bisa jadi pilihan bagus, seperti putih, pink pastel, cream atau yang bernuansa kecoklatan. Warna yang demikian sekaligus bisa memancarkan aura keanggunan sang pengantin perempuan.

Memilih busana pengantin menjadi bagian paling penting dalam persiapan pernikahan. Karena hari tersebut tidak diharapkan akan terulang, maka segalanya harus dibuat spesial. Meski menuntut kesempurnaan, pemilihan baju pengantin tetap harus memperhatikan kriteria baju pengantin muslimah yang sesuai syariat.

Selamat mempersiapkan hari-hari bahagiamu Sisterfillah.

*Artikel ini merupakan kiriman pembaca sisterfillah.com. Seluruh isi artikel menjadi tanggung jawab pengirim. (RM1)

8 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More

Ketika Hijab Sekedar Tren

Sejak kemunculan Oki Setiana Dewi pada film Ketika Cinta Bertasbih di tahun 2009, fenomena hijab semakin booming. Peluang…