Fakta Menakjubkan Di Balik Gerakan Shalat

Shalat adalah hal yang menjadi kewajiban bagi kaum muslim yang telah ditentukan waktunya. Sungguh Maha Besar Allah yang tidak memerintahkan sesuatu tanpa ada manfaatnya. Demikian juga dalam shalat. Ternyata, banyak sekali manfaat yang terkandung dalam tiap gerakan shalat yang terlihat sederhana. Ini dia manfaat gerakan shalat.

1. Takbiratul Ikram

Mengangkat tangan sejajar dengan dada sambil mengucapkan kalimat takbir. Gerakan pertama dalam shalat ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening, dan memperkuat otot lengan. Gerakan ini juga mampu menghindarkan tubuh dari gangguan persendian, terutama pada tubuh bagian atas.

2. Rukuk

Gerakan rukuk membuat posisi tulang punggung sejajar dengan kepala yang bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat. Selain itu, posisi rukuk ini juga bisa mencegah gangguan pada prostat.

3. I’tidal

Gerakan kembali tegak setelah rukuk ini sangat baik untuk pencernaan. Gerakannya banyak melibatkan perut dan organ pencernaan sehingga seperti terjadi pemijatan pada organ tersebut. Ini bisa membuat kesehatan organ cerna lebih terjaga.

4. Sujud

Selain menunjukkan betapa Gerakan sujud membuat posisi jantung lebih tinggi daripada otak, sehingga aliran darah yang kaya akan oksigen dari jantung mengalir secara maksimal. Ini mengakibatkan efek positif bagi daya pikir seseorang. Maka lakukan gerakan ini dengan tuma’ninah tanpa terburu – buru. Gerakan ini juga dapat menghindarkan dari gangguan wasir. Gerakan ini punya fungsi khusus yaitu untuk kesehatan organ kewanitaan dan kesuburan.

Sujud juga sangat bermanfaat bagi para perempuan yang sedang dalam masa kehamilan dan menunggu proses persalinan. Dalam posisi sujud, pinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada, sehingga membuat organ di sekitar perut mengejan lebih dalam dan lama.

5. Duduk di Antara Dua Sujud, Duduk Tahiyat Akhir

Kedua gerakan ini memiliki perbedaan pada posisi kaki. Pada gerakan duduk di antara dua sujud, bermanfaat menghilangkan nyeri pada pangkal paha yang sering kali menyebabkan seseorang susah berjalan. Sedangkan pada gerakan tahiyat akhir, sangat baik bagi para bapak yaitu untuk mencegah impotensi karena posisi tumit yang menekan aliran kandung kemih dan kelenjar kelamin pada pria.

6. Baik bagi kesuburan

Gerakan duduk tahiyat akhir atau duduk tawarruk ini berkonsentrasi pada daerah otot-otot perineum, yang merupakan daerah terlindung pada wanita termasuk otot liang senggama, sehingga bermanfaat pada kesuburan pada wanita.

7. Salam

Gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri ini dapat merelaksasikan otot di sekitar leher dan kepala, dan menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini bermanfaat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

8. Seperti Gerakan Yoga

Kelebihan lain dari gerakan shalat adalah bergeraknya seluruh anggota tubuh termasuk jari tangan. Menurut beberapa ahli kesehatan, gerakan shalat mirip dengan gerakan yoga atau peregangan. Siapa yang tidak tahu manfaat dari yoga bagi tubuh? Mungkin sebagian dari kita juga menjadi pelaku olahraga yang satu ini.

9. Meningkatkan kecerdasan

Kelebihan lain dari gerakan sujud dalam shalat adalah dapat meningkatkan kecerdasan. Gerakan sujud dalam shalat memudahkan aliran darah yang kaya oksigen dengan optimal.

Nah, inilah manfaat dari gerakan shalat yang kita lakukan lima waktu dalam sehari. Maka lakukan shalat dengan tuma’ninah agar mendapat manfaat maksimal dari gerakan shalat. Sungguh Maha Besar Allah yang menciptakan segala sesuatu tanpa kesis-siaan. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More

Poligami, Musibah Atau Solusi

Penulis : Rahayu Asda Sebenarnya ini bukan kapasitas saya untuk bertutur seputar poligami, tapi dari kemarin di beranda…
Read More

Ketika Hijab Sekedar Tren

Sejak kemunculan Oki Setiana Dewi pada film Ketika Cinta Bertasbih di tahun 2009, fenomena hijab semakin booming. Peluang…